Rabu, 15 April 2015

Tretes, Kota Seribu Villa


Kota Tretes adalah sebuah kota kecil nan indah yang terletak di antara lereng gunung Welirang dan Arjuno, masuk dalam wilayah administratif Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan. Letaknya yang berada di ketinggian 700 m dpl menjadikan hawanya sangat sejuk dan memiliki curah hujan yang tinggi. Pemandangannya didominasi oleh rangkaian pegunungan yaitu gunung penanggungan, gunung Welirang, gunung Arjuno dan gunung Semeru.



Kota Tretes sangat terkenal sejak jaman Belanda sebagai tempat peristirahatan para petinggi jaman kolonial dengan sebutan villa Park dan sekarang berganti nama menjadi taman wisata. Seiring dengan meningkatnya jumlah wisatawan yang berkunjung ke tretes, pembangunan villa juga makin banyak, mulai dari yg disewakan per kamar hingga yang satu kompleks dengan berbagai fasilitas seperti play ground dan kolam renang.
Saat ini diperkirakan sudah ada seribu lebih villa yang ada di kota Tretes, kebanyakan pemiliknya adalah orang surabaya dan jakarta, tetapi sekarang penduduk lokal pun sudah banyak yang memiliki villa sebagai sarana usaha. Setiap naik ke tretes pengunjung akan disambut dengan sapaan yang khas dari para makelar villa dengan kata2 “villa..villaa..”atau “kamar..kamar..”. Harga bervariasi mulai 50rb hingga jutaan rupiah untuk sekali bermalam, tergantung dari lamanya waktu dan fasilitas yang disediakan oleh villa. Harga sewa untuk week end dan hari besar berbeda dengan hari biasa, selisihnya hingga 50%. Di malam hari pengunjung bisa berjalan2 menikmati berbagai macam kuliner yang dijajakan di pinggir2 jalan oleh para pedagang kaki lima.


0 komentar:

Posting Komentar