Kamis, 22 Juni 2017

Tretes High Land


Bagi para penggemar hiking dengan track yang menantang, ada satu spot di Tretes yang cukup menarik untuk dijelajahi. Orang lokal menyebutnya Kokopan, selter atau tempat peristirahatan pendaki yang akan naik ke puncak Gunung Welirang atau Gunung Arjuno. Terletak di ketinggian ± 2.250 Mdpl, Kokopan bisa ditempuh dengan berjalan kaki sekitar 3-5 jam perjalanan dari pos pendakian Tahura. Dari Pos pendakian kita berjalan mengikuti jalan aspal sekitar 200 meter maka kita akan sampai di pintu masuk Taman Wisata Air Terjun Kaket Bodo yang berada di belakang hotel Surya. Dari pintu masuk ini jalanan sudah di semen hingga Pos Pet Bocor. Hingga Pet Bocor jalur masih rapi disemen dengan kemiringan yang sangat tajam, sehingga bisa dijadikan pemanasan perjalanan yang cukup menguras nafas dan tenaga. Dengan suasana lingkungan yang bersih dan sejuk karena masih terlindungi oleh pohon-pohon besar.


Dari Pet Bocor perjalanan dilanjutkan dengan menyusuri jalanan berbatu yang sudah rusak. Jalur sangat lebar bisa dilewati Jip, dengan kondisi alam yang terbuka, jarang terdapat pohon, dan dikiri kanan jalan hanya ditumbuhi alang-alang dan ditanami pisang untuk mengatasi alang-alang. Jalur ini biasa digunakan oleh Jip pengangkut belerang hingga Pos Kokopan. Di sepanjang jalur ini akan disuguhi pemandangan ke arah Tretes dan gunung Penanggungan yang sangat indah. Setelah berjalan kurang lebih 3-5 jam maka sampailah kita pada Kokopan. Karena tempat ini adalah tempat pemberhentian para penambang belerang, maka kita akan menemui pondok-pondok yang didirikan para penambang untuk beristirahat. Ada juga warung yang hanya buka pada hari-hari libur saja. Disana juga terdapat sungai kecil yang airnya cukup melimpah.

Dari atas kokopan kita bisa melihat pemandangan yang luar biasa. Kita serasa terbang diatas awan dan memandang ke bawah. Dari sini kita bisa melihat kota Tretes dan kota-kota yang lain di bawahnya. Bagi penggemar selfie, ada banyak spot yang bagus untuk berfoto ria. Tapi karena posisi tempat ini cukup tinggi maka disarankan untuk waspada agar tidak terjatuh. Jangan lupa untuk membawa baju hangat karena hawanya cukup dingin bahkan sering berkabut.

0 komentar:

Posting Komentar