Rabu, 16 Januari 2019

Bayar Pajak Kendaraan Bermotor Jadi Lebih Mudah Lewat Samsat Blusukan

Mobil Samsat Blusukan di depan Kantor Kecamatan Prigen
Mau bayar pajak motor tapi tidak punya banyak waktu dan malas antri? Tenang...kini ada mobil Samsat Blusukan yang siap melayani anda. Program yang digagas oleh Satuan Lalu lintas (Satlantas) Polres Pasuruan ini bertujuan untuk mempermudah masyarakat yang ingin membayar pajak kendaraan bermotornya tapi tidak punya banyak waktu atau kendala jarak yang terlalu jauh. Selama ini ditengarai banyak warga masyarakat yang terlambat membayar pajak kendaraannya bukan karena tidak mau membayar, tetapi tidak mempunyai waktu luang karena rutinitas pekerjaan yang tidak bisa ditinggalkan. Akhirnya warga terpaksa menggunakan jasa calo untuk mengurus pajak kendaraan mereka yang tentu saja ditambah uang jasa yang seringkali memberatkan.

Untuk wilayah Kecamatan Prigen mobil Samsat Blusukan ini bisa ditemui didepan Kantor Kecamatan Prigen setiap hari Selasa dan Rabu setiap minggunya mulai pukul 8 pagi hingga 12 siang. Rata-rata dalam sehari bisa melayani warga yang ingin membayar pajak kendaraannya sebanyak 25-40 orang. Banyak warga yang merasa terbantu dengan adanya program ini. Menurut Sandra operator mobil Samsat Blusukan ini semenjak diluncurkan setahun yang lalu hampir tidak pernah sepi peminat. “Warga yang ingin mengurus pajak kendaraannya cukup membawa KTP asli dan STNK nya saja. Tidak ada biaya tambahan dan bebas calo. Hanya saja yang bisa kita layani khusus kendaraan dengan plat nomor Jawa timur, diluar itu tidak bisa. Selain itu yang bisa kami layani hanya pembayaran pajak tahunan saja, untuk yang pajak lima tahunan wajib datang ke kantor Samsat,” kata Sandra.

Menurut pantauan KIM TTW pada hari Selasa (15/01), jika tidak ada kendala teknis rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan satu STNK kurang dari 5 menit. Beberapa warga yang ikut mengantri mengaku merasa senang dengan adanya program ini. Selama ini titik terdekat untuk membayar pajak kendaraan adalah di Bank Jatim Pandaan dan antriannya sangat Panjang. Warga harus menunggu giliran dengan waktu yang cukup lama bahkan terkadang terpaksa tidak bekerja sehari. Tapi kini tidak lagi, dengan mengusung tagline “Excellent Service For You” mobil Samsat Blusukan siap melayani warga hingga ke seluruh pelosok Pasuruan. (KIM TTW)

0 komentar:

Posting Komentar