Minggu, 10 November 2019

Command Center Kabupaten Pasuruan Resmi Diluncurkan


Bertempat di Pendopo Nyawiji Ngesti Wenganing Gusti Kabupaten Pasuruan pada Minggu (10/11/2019), Command Center Kabupaten Pasuruan diresmikan secara langsung oleh Bupati Pasuruan HM. Irsyad yusuf. Acara yang dimulai sekitar pukul 10.30 WIB ini dihadiri oleh seluruh camat dan OPD terkait, wakil Bupati H. Mujib Imron serta ketua DPRD Kabupaten Pasuruan H. Sudiono Fauzan. Dalam sambutannya Bupati Pasuruan menyampaikan apresiasi kepada jajaran Dinas Kominfo Kabupaten Pasuruan serta para pihak yang telah membantu hingga terwujudnya Command Center ini. “Program ini merupakan program prioritas Bupati dan Wakil Bupati karena kita ingin kedepan pelayanan kepada masyarakat semakin cepat dan semakin baik. Apalagi Kabupaten pasuruan terpilih menjadi 100 kota smart city nasional”, imbuh Irsyad.  


Command Center (Pusat Komando) telah menjadi sebuah keperluan di masa kini, dimana integrasi sangat diutamakan. Command center sendiri adalah ruangan pusat visualisasi dan integrasi data, baik yang diperoleh melalui online, offline, internal maupun eksternal disajikan secara bersamaan di sebuah layar lebar video wall. Salah satu fungsi Command Center yang terkenal adalah sebagai monitoring room. Tetapi tidak hanya itu, Command Center sangat membantu dalam mempermudah jalannya meeting dan koordinasi antar bidang. Command Center juga dapat membantu memastikan  setiap keputusan penting, respon dan aksi yang diambil adalah seakurat mungkin sesuai data yang ada. Command Center sangat penting bagi kantor instansi pemerintahan dan perusahaan-perusahaan yang memerlukan manajemen krisis. Kabupaten Pasuruan membangun Command Center sebagai pusat integrasi data dan untuk koordinasi dengan OPD (Organisasi Perangkat Daerah) yang lebih efisien.

Tapi tentu saja kecanggihan teknologi harus diimbangi dengan kemampuan sumber daya manusia (SDM) yang mengoperasikannya.  Oleh karena itu Bupati menginstruksikan kepada Sekda Pasuruan untuk segera mempersiapkan SDM dimasing-masing OPD agar data disetiap OPD bisa segera diintegrasikan  dengan Command Center. Forum KIM Kabupaten Pasuruan yang juga ikut hadir bersama relawan TIK Kabupaten Pasuruan menyatakan siap mendukung untuk membantu dalam penyiapan tenaga operator khususnya di wilayah Desa dan Kecamatan. (KIM TTW)

0 komentar:

Posting Komentar