Senin, 31 Desember 2018

Bantu Pengamanan Tahun baru, Banser dan Ormas di Prigen Dirikan Posko Swakarsa


Dalam rangka membantu aparat keamanan dalam mengamankan perayaan tahun baru di kecamatan Prigen, Barisan Ansor Serbaguna (Banser) serta beberapa organisasi kemasyarakatan seperti ORARI, ILKP, Satupa, RAPI, Linmas dan Karang Taruna mendirikan Posko Pemantauan dan Pengamanan hari ini Senin (31/12) . Masing-masing Posko didirikan secara swadaya oleh anggota Ormas dan tersebar di beberapa titik keramaian. Hingga berita ini ditulis telah berdiri beberapa Posko swakarsa yaitu di depan POM bensin Jawi, Pertigaan Prigen, dan disamping Pos Linmas Taman Wisata Tretes. Ditambah lagi dengan personil dari masing-masing Ormas yang disiagakan di pertigaan Brubuh dan Desa Ketanireng. Hal ini dimaksudkan agar masyarakat merasa lebih aman dan tenang pada saat merayakan pergantian tahun baru terutama disekitar kawasan wisata Tretes. Disamping itu tugas aparat keamanan menjadi lebih ringan dengan adanya Posko-posko swakarsa ini.


Purwanto selaku Komandan Banser Lalu Lintas (Balantas) Ansor Cabang Bangil menyatakan bahwa pendirian Posko seperti ini sudah rutin dilakukan setiap tahun, bahkan dua kali setiap tahunnya yaitu pada saat hari raya dan tahun baru. “ Kita selalu berkoordinasi dengan pihak Kepolisian dan Kecamatan pada saat pendirian posko. Tidak ada masalah. Justeru aparat merasa terbantu dengan adanya posko kita. Ini sudah rutin kita selenggarakan setiap tahun,” kata Purwanto. Koordinasi antar Posko dilakukan melalui radio komunikasi yang dipegang masing-masing personil. Bilamana ada masalah segera bisa diketahui dan diambil tindakan. 

Selain posko swakarsa, pihak Kepolisian juga membuat Pos Pengamanan Natal dan Tahun baru di depan Hotel Surya Tretes. Pos Pengamanan ini didirikan beberapa hari menjelang Natal dan akan dibongkar setelah Tahun baru. Setiap hari ada beberapa personil kepolisian yang berjaga disana dan akan ditingkatkan jumlahnya pada saat malam tahun baru. Tugas utamanya adalah mengamankan lalu lintas dan memberi rasa aman pada wisatawan yang berkunjung ke Tretes.

0 komentar:

Posting Komentar