Rabu, 27 Juni 2018

Menarik Warga Untuk Nyoblos, Petugas di TPS Ini Pakai Kostum Jaranan


Hari ini, Rabu (27/6) sebanyak 171 daerah di Indonesia melaksanakan Pilkada serentak, dan Kabupaten Pasuruan adalah salah satunya. Dalam Pilkada serentak kali ini warga Kabupaten Pasuruan memilih pasangan Bupati dan Wakil Bupati sekaligus pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur untuk masa jabatan 2018-2023.
Tak mau ketinggalan, dalam rangka ikut memeriahkan pesta demokrasi masyarakat Jawa timur ini Forum KIM Kabupaten Pasuruan bekerjasama dengan LPPL Radio Suara Pasuruan mengadakan reportase langsung dari beberapa Tempat Pemungutan Suara (TPS) di beberapa Kecamatan. Salah satunya adalah TPS 06 Lingkungan Geneng Timur Kelurahan Ledug Prigen.
Sejak dibuka pada pukul 07.00 WIB warga sudah mulai berduyun-duyun mendatangi TPS untuk menyalurkan hak suaranya di Pilgub Jatim maupun Pilbup Kabupaten Pasuruan. Tercatat ada 336 Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang terdaftar di TPS 06.


Secara umum penyelenggaraan pemungutan suara berjalan lancar. Satu persatu calon pemilih memasuki TPS dan menunggu giliran untuk mencoblos. Tampak petugas keamanan dari Linmas berjaga di depan pintu masuk dan didalam TPS untuk mengamankan jalannya pemungutan suara. Petugas KPPS tampak sibuk melayani warga yang terus berdatangan. Untuk pemilih yang sudah berusia lanjut dan berkebutuhan khusus, diperkenankan untuk didampingi oleh salah satu anggota keluarga yang ditunjuk.


Ada satu hal yang menarik di TPS 06 ini, yaitu seluruh petugas KPPS mengenakan kostum kesenian tradisional Jaranan. Dekorasi ruangan TPS pun bernuansa Jaranan. Tampak ada beberapa topeng ganongan yang di gantungkan di depan pintu masuk. Menurut ketua KPPS di TPS 06 ini yaitu Abdul Mukti, hal ini sengaja dilakukan untuk menarik minat warga agar tertarik untuk nyoblos. Selain itu juga untuk mengenalkan kesenian Jaranan kepada generasi muda. Dampaknya sungguh luar biasa. Warga tampak antusias mendatangi TPS ini. Hingga pukul 09.30 tercatat sudah lebih dari 200 pemilih yang sudah mencoblos. Artinya sudah lebih dari separuh warga yang menyalurkan hak pilihnya sebelum nanti ditutup pada pukul 13.00 WIB.

0 komentar:

Posting Komentar